NGABANG - Setelah sukses dengan ukiran akar kayu kini, Kelompok Pengerajin Babanto Desa Amboyo Selatan Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak akan melakukan pelatihan untuk mengolah potensi bambu agar dapat menjadi produk yang dapat di gunakan menjadi berbagai produk yang siap pakai. menurut Jaidu, ketua Kelompok Babanto kepada Kapuas Post belum lama ini mengatakan, dalam waktu dekat ini pihaknya akanmelakukan pelatihan pengolahan bambu menjadi produk yng siap pakai dan kegiatan ini menurutnya merupakan program dari Dinsosnaker Kabupaten Landak.

"Kitahanyamemfasilitasi saja kegiatan ini. sedangkan yang mempunyai kegiatan ini adalah Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Landak. karena kita memang berupaya bagaimana cara megolah potensi yang kita miliki ini dapat menjadi produk yang siap pakai,"ujarnya.
Dikatakannya, pelatihan tersebut akan di ikuti oleh 25 orang dari Kecamatan Ngabang dan Kecamatan Sengah Tamila yang akan di bimbing oleh tenaga Instruktur dari BLK Propinsi Kalbar. "Yang ikut ini ada 25 orang dari 12 Dusun yang ada di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Ngabang dan Sengah Tamila dalam kegiatan ii kita hanya memfasilitasi saja," ungkapnya.
Dilihat dari potensi Bambu yang ada di daerah ini memang cukup menjanjikan apabila di olah dengan baik dan ini akan mampu memberikan mempaat yang luar biasa kepada masyarakat.
Menurutnya, perencanaan kegiatan pelatihanyang di lakukan oleh Dinsosinaker ini adalah memberikan pelatihan agar bambu yang ada dapat di olah menjadi Kursi, meja dan dan bahan jadi lainnya. sehingga untuk menciptakan pengetahuan tersebut perlu di ketahui dan di kuasai oleh masyarakat sehingga ke depannya potensi ini akan dapat menunjang pendapatan yang lebih baik terutama kepada kelompok pegerajinnya.
"Kita setelah selesai pelatihan nanti, tidak hanya habis di situ saja, tetapi ini kan kita berdayakan yang artinya Babanto akan membimbing kelompok yang tadi sampai mampu memproduksi, tempatnya sudah kita siapkan," katanya.
Sehingga kegiatan ini tidak hanya sekedar mengikuti pelatihan semata, tetapi kelompok yang sudah di latih akan di rekrut untuk mengolah potensi tersebut sehingga dapat memproduksi apa yang menjadi kebutuhan pasar. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Babanto Akan Lakukan Pelatihan Pememfaatan Potensi Bambu"


Powered by www.tvone.co.id