Di Landak Ada 12 Kasus HIV, 1 Kasus Aids

08.14 Diposkan oleh HERI IRAWAN

Tahun 2008 Telah Merenggut 6 Korban
NGABANG - Kasus Aids di Kalimantan Barat pertama kali ditemukan dan tercatat pada tahun 1993. Tapi sampai saat ini penyakit mematikan ini merupakan fenomena gunung es, di mana sedikit yang muncul tetapi yang tersimpan itu justru lebih banyak. Karena pada tahun 2003 berdasarkan data dari Dinkes Propinsi Kalbar tercatat 193kasus HIV/AIDS secara komulatif.
Menurut Wakil Bupati Landak Sukiman SH ketika membuka acara Workshop capacity Building anggota KPA Kabupaten Landak tahun 2009 di Aula Bappeda Kamis (09/07) kemarin mengatakan, sampai tahun 2006, data dari Dinkes Kalbar secara statistik di Kabupaten Landak tidak di temukan kasus HIV/AIDS. Kegiatan yang di ikuti oleh seluruh dinas dan instansi terkait termasuk anggota Pokja Komisi Penanggulangan HIV/AIDS KPA Kabupaten Landak.

"Ini pada tahun 2006, sedangkan pada tahun 2007 di kabupaten Landak sudah tercatat 12 kasus HIV dan 1 Kasus AIDS. Sedangkan pada tahun 2008 telah tercatat 17 kasus HIV dan 5 kasus AIDS dengan 6 korbn meninggal dunia," katanya.
Dikatakannya, meskipun data terakhir kasus HIV/AIDS yang tercatat di Kabupaten Landak masih berada di bawah Kabupaten lain di Kalbar, namun Pemda tetap sepakat untuk tidak menunggu angka tersebut terus meningkat kemudian baru akan melakukanupaya penanggulangan. Dengan keberadaan angka yang masih berada di bawah itu, merupakan momet yang tepat untuk terus menggalakkan gerakan penanggulangan.
"Salah satunya cara kita adalahdenganmelakukan kegiatan penanggulangan AIDS di daerah ini melalui Workshop Capacity Builidng bersama anggota komisi peanggulangan AIDS (KPA). di mana kelompok ini juga sudah di bentuk sejak bulan juni 2009 yang lalu yang bekerja sama dengan PBB melalui UNFPA Kabupaten Landak," ujarnya.
Untuk itu tujuan acara yang di lakukan ini tidak lain adalah sebagai upaya meningkatkan pengetahun dan pemahama, khususnya bagi anggota komii penanggulangan AIDS (KPA) di Kabupaten Landak. Sehingga pintanya dengan adanya kegiatan ini dapat pula menyampaikan informasi atau pemahamantentang HIV/AIDS secara benar kepada semua lapisan masyarakat, bahwa pentingnya menjaga prilaku hidup sehat mulai dari individu,lingkungsn keluarga dan masyarakat.
"Kalau kita lihat dari angka yang ada, bearti penyebaran HIV/AIDS di Indonesia ini telah terjadi dengan begitu cepat. karena menurut Dirjen PPM dan PL Depkes RI dalam laporan triwulan I/2009 januari sampai maret 2009 tambahan kasus AIDS dan pengidap Infeksi HIV sebanyak 968 kasus (HIV 114 kasus dan AIDS 854 kasus),"paparnya.
Lebih lanjut di katakannya, secara komulatif pengidap infeksi HIV dan kasus AIDS di Indonesia sejak 1 januari 1997 sampai 31 maret 2009 sebanyak 23.632 kasus yang terdiri dari 6.668 kasus HIV dan 16964 kasus AIDS di antaranya 3.492 sudah meninggal dunia.
Ia melihat dari penyebarannya berdasarkan golongan umur, kasus AIDS lebih banyak di temukan pada usia produktif yaitu antara 20 sampai dengan usia 49 Tahun. karena dari 16964 kasus AIDS yang terjadi di Indonesia, setidaknya 14.991 kasus terjadi pada usia 20-49 Tahun atau sekitar 88.37 persen tetapi hal ini bukan hanya terjadi di Negara Indonesia saja melainkan terjadi di beberapa negara lainnya.
"kalau kita lihat dari perkembangan yang ada ini memang sangat memprihatinkan tetapi bagaimanapun kita khususnya di daerah Kabupaten Landak ini kita memang harus mengambil langkah cepat penanggulangan penyebarannya ini yang kita harapkan," pintanya.
Di berharap kepada para peserta Workshop agar dapat mengikuti kegiatan workshop Capacity Building ini dengan sebaik-baiknya. sehigga dapat meningkatkan pengetahuan,pemahaman tentang HIV/AIDS dalam upaya peningkatan derajat kesehatan kesehatan masyarakat di Kabupaten Landak. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Di Landak Ada 12 Kasus HIV, 1 Kasus Aids"


Powered by www.tvone.co.id