Tim P2TP2A Landak Terbentuk

13.13 Diposting oleh HERI IRAWAN


NGABANG - Salah satu Dampak pengaruh dari perkembangan jaman dan tehnologi yang ada saat ini memang mau tidak mau harus di terima. karena faktor perkembangan tersebut ini akan memberikan salah satu dampak yang cukup keras sehingga hal ini dapat menimbulkan berbagai hal. Tidak terkacuali kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Untuk itu sesuai dengan kondisi yang ada, maka sudah di pandang perlu pembentukan Tim P2TP2A (Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak).

Menurut Agoeng Widhi Hastoeti, S,Wl, S.Sos, salah satu Sumber dari P2TP2A propinsi Kalbar dalam kegiatan pembentukn Tim tersebut mengungkpkan, berbagai isu starategis diskriminatif terhadapperempuan dan anak yang terinternalisasi dan terstruktur dalam kehidupan publik. Sehingga munculnya organisasi masyarakat yang hanya terfokus pada satu atau dua Focusing permasalahan, tidak akan mampu menyelesaikan permasalahan secara menyeluruh.

"Inikan perlu strategi penanganan permasalahan yang komprehensif, sehingga permasalahan yang ada sekarang maupun yang akan datang ini akan dapat tertangani dengan baik," paparnya.

Dikatakanya adapun dasar pembentukan Tim tersebut adalah berdasarkan UU 1945 pada pasal 27 tentang persamaan Hak dan kewajiban warga Negara serta sejumlah peraturan serta UU lainnya yang sudah di susun oleh pemerintah.

Selain itu katanya pembentukan ini juga merupakan salah satu kebutuhan yang mendasar khususnya perempuan dan anak-anak yang harus di penuhi yang berkaitan dengan pendidikan, kesehatan,ekonomi, tenaga kerja Hukum dan politik,Informasi dan perlindungan.

"yang tidakkalah penting di sini adalah adanya pelayanan Publik dari pemerintah seperti pemberian pelatihan keterampilan pelayanan keshatan apakah itu gizi,posyandu dll,"ungkapnya.

Dengan demikian katanya, Wahana tersebut tentunya perlu dukungan dan komitmen yang tinggi dari pemerintah baik propinsi, Kabupaten,kota dan lembaga masyarakat serta dunia usaha. karena dari dukungan tersebut menurutnya akan dapat menjadi salahsatu sumberdaya maupun sumber dana untuk operasionalisasinya.

Menurutnya P2TP2A adalah merupakan wahana pelayanan bagi perempuan dan anak dalam upaya pemenuhan informasi dan kebutuhan di bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi plotik serata bidang lainnya. sehingga tugas pokok P2TP2A ini juga memiliki fungsi sebagai wadah pelayanan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang berbasis masyarakat. yang meliputi fungsi memfasilitasi berbagai pelayanan baik fisik dan non fisik yang berupa informasi dan data, rujukan konsultasi,konseling, pelatihan dan keterampilan.

"Kegiatan ini kan dapat di selenggarakan pada tempat pelatihan para Kader yang memiliki komitmen dan peduli dengan masalah ini khususnya perempuan dan anak. sehingg yang kita haarpkan dengan terbentuknya P2TP2A ini akan memberikan kemudahan bagi perempuan dan anak untuk mendapatkan pelayanan yang di butuhkan serta memberikan pelayanan konsultasi bagi pemecahan masalah yang di alami oleh perempuan dan anak," katanya. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

1 Response to "Tim P2TP2A Landak Terbentuk"

  1. Children Dream Said,

    hebat banget di landak...save the children for our future....

    Posted on 23 Maret 2010 21.51

     

Powered by www.tvone.co.id