Bupati: Masyarakat Harus Bayar Pajak

07.52 Diposkan oleh HERI IRAWAN

NGABANG - Bupati Kabupaten Landak Adrianus AS mengatakan, dalam rangka mempercepat pertumbuhan perekonomiaan masyarakat terutama masyarakat yang berada di daerah pedalaman maka sangat di harapkan harus dapat bekerja sama dengan pihak perusahaan yang ada di wilayahnya masing-masing. kendati melalui kerja sama yang baik, maka secara otomatis akan dapat menumbuhkan keberhasilan yang pada akhirnya akan dapat melahirkan pajak.

Dia menilai pajak tersebut apakah dari pajak Bumi dan Bangunan (PBB) atau pajak lainnya khususnya di sektor perkebunan. "Nah, pajak yang di bayar oleh masyarakat inilah yang akan di kembalikan lagi kepada masyarakat dalam bentuk pembangunan. jadi pajak inilah yang akan membiayai pembangunan. sedangkan kalau pajak tidak di bayar bagaimana membayar pembangunan," katanya pada saat panen perdana di PT. DLP, belum lama ini.
Pemerintah sendiri dapat menyelenggarakan pembangunan ini hanya dari pajak yang di bayar oleh masyarakat karena pajak adalah sumber pendapatan baik daerah maupun negara.
"Kita harapkan kepada masyarakat agar dapat membayar pajak ini dengan penuh dengan kesadaran. karena satu-satunya pendapatan pemerintah itu adalah pajak," pintanya.
Ia berharap kepada masyarakat agar dapat bekerja sama dengan pihak perusahaan sehingga kemajuan yang di harapkan akan dapat tercapai. sedangkan di sisi perkebunan, masyarakat juga di minta dapat menyerahkan lahan yang tidak banyak memberikan kontribusi seperti lahan yang kosong kepada pihak perusahaan untuk dapat di kelola menjadi lahan perkebunan. Sehingga lahan- lahan tersebut tidak banyak terjadi Ingklap.
"Maksud kita bukan untuk menyengsarakan masyarakat. Saya berjanji untuk mengawal perusahaan ini sesuai dengan harapan pak gubenur, kalau mereka salah, saya akan ingatkan mereka," tegasnya.
Pihak perusahaan sendiri selalu berkonsultasi dengan Pemda tentang berbagai permasalahan yang terjadi khususnya di PT.DLP, akan tetapi untuk mengatasi permasalahan tersebut Pemda komitmen akan selalu bekerja sama untuk mengatasi permasalahan ini.
"Saya rasa sepanjang ada niat baik untuk membangun, maka semuanya akan dapat di atasi. Artinya antara ke-3 pilar, masyarakat kita ikutkan, pemerintah kita libatkan dan pihak perusahaan juga kita dilibatkan. Saya yakin masyarakat akan dapat menikmati memfaat yang besar," pintanya.
Selain itu mantan Kadis Pendidikan Landak ini menegaskan, bahwa jangan sampai ada kegiatan apakah itu penanaman kelapa sawit yang bersipat pribadi atau pembangunan apapun dalam areal perkebunan perusahaan yang sudah di berikan ijin oleh pemerintah. karena dalam kondisi ini sumuanya ada memiliki aturan-aturan. Aturan-aturan seperti ini harus di taati dan di tegakan, serta aturan yang harus kita hormati.
"Saya pikir kalau kita sudah tidak lagi mengindahkan aturan yang ada maka ini akan sulit, kondisi kita tidak akan terarah dan hal semacan ini akan dapat menciptakan tidak beradat. saya pikir antara peraturan Hukum dan Adat itu sama sebab tujuannya sama menciptakan kedamaian dan ketertiban," tegasnya.
Mantan Asisten II Landak ini menghimbau kepada masyarakat agar tidak ada kegiatan lain yang bersipat pribadi dalam areal perkebunan. Apalagi ada lahan perkebunan 30-40 Ha, dalam areal perkebunan perusahaan. Kegiatan seperti ini, kata bupati, sudah dapat di anggap sebagai kegiatan yang illegal dan ini juga akan ditertibkan.
Bupati juga menyoroti pendirian bangunan juga mohon di tertibkan, karena ini akan sangat erat sekali dengan nama baik daerah, karena secara langsung akan dapat di lihat oleh siapapun dan kesan seperti ini akan sangat berdampak pada percepatan pembangunan.
"Dasarnya kalau kita tidak mematuhi aturan tadi, bangunan sembarangan maka ini akan memberikan penilaian tersendiri kepada pihak investor yang akan menanamkan modalnya," paparnya seraya menambahkan bagaimana supaya daerah khususnya Kabupaten Landak dapat berkembang, maka sangat di harapkan adanya kerja sama yang baik terutama ke-3 pilar yakni Pemerintah, Investor dan Masyarakat. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

1 Response to "Bupati: Masyarakat Harus Bayar Pajak"

  1. uii profile Said,

    Terimakasih Infonya
    sangat bermanfaat..
    Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Ekonomi di UII Yogyakarta
    :)
    twitter : @profiluii :)

    Posted on 5 Juli 2012 09.47

     

Powered by www.tvone.co.id