Dari 1,5 Juta Ha Lahan Untuk Kelapa Sawit

07.40 Diposkan oleh HERI IRAWAN

Hanya 522 ribu Ha Yang Sudah Terealisasi
NGABANG - Pemerinatah Propinsi Kalbar dalam hal ini berencana akan terus mendorong potensi terhadap komoditi unggulan perkebunan. Kendati untuk sektor perkebunan sendiri merupakan salah satu sektor yang di anggap sangat signifikan untuk menumbuh kembangkan perekonomian masyarakat secara khusus di Kalbar.
Menurut Gubenur Kalbar melalui Kadis Hutbun Kalbar Ir. Edward Hanis pada kegiatan Panen Perdana di PT.IGP, belum lama ini mengungkapkan, bahwa berdasarkan rencana tata ruang wilayah propinsi, potensi lahan yang sesuai untuk pengembangan sektor pertanian seluas 6 juta Ha. Sehingga dari potensi tersebut pemerintah Propinsi Kalbar akan secara terus menerus mendorong pengembangan komoditi unggulan khususnya di bidang pertanian.

"Rencana pemerintah akan mengembangkan kelapa sawit, karet, kakau, lada, kopi pinang dan jarak, dan ini sudah kita targetkan. Adapun jumlah target tersebut adalah, untuk perkebunan kelapa sawit seluas 1,5 Juta Ha, Kelapa seluas 300 ribu Ha, Kopi seluas 20 ribu Ha, dan aneka tanaman lain seperti lada, kakao seluas 50 ribu Ha,” jelasnya.
Dikatakannya, khusus untuk komoditi kelapa sawit sampai tahun 2009 ini, dari luas areal yang di targetkan 1,5 juta Ha, tetapi yang sudah terealisasi penanamannya hanya seluas 5.22 ribu Ha lebih.
"Yang di harapkan dalam hal ini adalah untuk mempercepat pencapaian target perkebunan kelapa sawit, saya berharap agar Pemerintah Kabupaten
dapat memacu oprasional para investor yang telah memiliki ijin," pintanya.
Di tegaskannya, bagi perusahaan yang sudah memperoleh ijin tetapi tidak aktif dapat di beri peringatan dan di berikan sangsi berupa Finalti seperti pencabutan ijin, sehingga lahan tersebut dapat di berikan kepada perusahaan yang lebih serius.
Menurutnya secara umum kebijakan pengembangan poteni perkebunan di kalbar sejak tahun 2004 sampai dengan Tahun 2008 sudah melaksanakan program Agribisnis dengan tujuan untuk meningkatkan pendapatan dan perekonomian para petani dan fokus pengembangan komoditi yag di kembangkan.
"Ada beberapaprogram yang kita lakukan untuk masyarakat sekarang ini seperti bantuan pegembangan kebun entris desa, peremajaan karet dan pemutihan usaha skala ekonomi melalui program AKSI pengembangan karet rakyat atau di kenal dengan probangkara," tuturnya.
Selain itu, ada bantuan peremajaan kelapa yang dalam hal ini melalui pendekatan Fartisifatif. sedangkan untuk pengembangan perkebunan kelapa sawit di Kalbar, selain dapat memberikan motipasi kepada Investor, kalangan dunia usaha dan masyarakat untuk menanamkan modalnya untuk pengembangan kelapa sawit juga di arahkan untuk pada kebijakan untuk meningkatkan pada kontribusi investor atau dunia usaha untuk menyerap tenaga kerja secara optimal serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah ini.
"Sejalan dengan arah dan kebijakan pemerintah propinsi tersebut, Pemerintah pusat juga sudah meluncurkan kebijakan paket berupa Revitalisasi perkebunan. dan mulai pada Tahun 2006-2010," terangnya.
Untuk itu Pemprop juga akan melakukan perluasan dan peremajaan dengan pola Kemitraan dengan komoditi unggulan dengan sasaran luas Kelapa sawit 3.60 ribu Ha, Karet 19 ribu Ha, kakau 5 ribu Ha.
Ia berharap, petani dapat memempaatkan meningkatkan serta membangun kebun dengan skala ekonomi bahkan mampu 4 - 5 Ha per kepala Keluarga. karena dengan adanya program tersebut pendapatan keluarga dapat lebih terjamin. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Dari 1,5 Juta Ha Lahan Untuk Kelapa Sawit"


Powered by www.tvone.co.id