Lepas Dari Penjajah

07.32 Diposkan oleh HERI IRAWAN

SETIAP memperingati HUT RI, kita tidak terlepas dengan kehadiran para veteran. Mereka tidak lain adalah pejuang kemerdekaan bagi bangsa dan negara. Setiap tahun keanggotaan mereka pasti menyusut, sejalan dengan umur mereka yang rata-rata diatas 70 tahun. Memperingati HUT RI Ke- 64 di halaman Kantor Bupati Landak, Senin (17/08), kemarin, sekitar 5 anggota veteran dan istri anggota veteran Kabupaten Landak sangat beruntung bisa menyaksikan upacara detik-detik HUT Kemerdekana RI. Seperti yang dituturkan Ya’ Seman Anom, salah seorang anggota Veteran Kabupaten Landak. Dia menilai makna memperingati detik-detik HUT RI, tidak lain adalah bangsa ini sudah lepas dari penjajan di Negara Indoenesia. Dan penjajahan Negara Belanda lebih dari 3 abad lamanya. Akan tetapi dalam mengisi kemerdekaan ini, rakyat Indonesia harus bisa membangun negaranya dengan kegiatan positif. “Dulu ketika jaman penjajan kita mau mendirikan bendera merah putih itu harus susah payah, kita harus bergadai nyawa melawan penjajahan,” katanya.

Jaman sekarang yang sudah merdeka ini, lanjut Ya’ Seman Anom, ekonomi Indonesia perkembanganya sangat luar biasa. Ambil contoh katnya, di Kota Ngabang, kalau dulu sepeda motor bisa dihitung dengan jari, tapi sekarang sudah tidak bisa terhitung. “Kita ingin bangsa ini maju, dan bisa mensejahterakan bangsa infdonesia,” jelasnya.
Pria yang sudah berumur diatas 80 tahun ini mengucap banyak terimakasih kepada Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, atas uang bulanan anggota veteran sebesar Rp. 250 ribu. “Kami mengucap banyak terimakasih, kendati uang itu saya anggap masih kecil tapi sudah ada niat baik dari pemerintah. Mudah-mudahan saja tahun depan uang ini bisa ditambah,” harapnya. Adapun lima veteran dan tiga janda veteran yang menghadiri undangan upacara HUT RI, kemarin yakni Ya’ Seman Anom (80), Daeng Taal (79), Ibrahim (83), Daeng Saad Usman (83), Sudarji (82) dan para janda veteran, Maryahamah Hamdan (76), Utin Data Itam (71) dan Utin Syailina (75). (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Lepas Dari Penjajah"


Powered by www.tvone.co.id