Pemda Landak Siapkan 200 Ha Lahan Untuk Industri

22.32 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Kemajuan pembangunan di sektor perkebunan di daerah Kabupaten Landak yang sampai saat ini sudah sangat terasa, adalah merupakan upaya pemerintah daerah Kabupaten Landak untuk menyiapkan lapangan kerja serta membuka isolasi daerah yang masih sangat terpencil. Namun demikian menurut penuturan Plt Kadis Bunhut Kabupaten Landak kepada Kapuas Post belum lama ini mengatakan, untuk APL (Areal Penggunaan Lain) memang di arahkan untuk perkebunan yang bukan hanya perkebunan kelapa sawit melainkan ada beberapa komoditi seperti kebun Karet, ada kebun sawit keluarga,bahkanada rencana pengembangan perkebunan Lada,koko dan pinang di areal APL bukan di seluruh areal Landak.

"Memang ini sudah di isaratkan oleh Negara serta berdasarkan UU tetapi itu hanya di APL untuk pengembangan kebun,"ungkapnya.
Namun demikian hal tersebut menurutnya kondisi seperti ini wajib di imbangi dengan Industri hilir lataran yang ada saat ini adalah Industri hulu.
Karena menurutnya sebuah konsep agribisnis di mana industri hulu itu adalah sipatnya pengelolaan dan pengembangan itu wajib di imbangi dengan usaha Agribisnis Hilir yang bersipat, baik itu pengelolaan setengah jadi maupun maupun ke pengolahan bahan jadi.
"hal ini sudah di canangkan oleh Bupati tentang Draf Kawasan Industri yang berada di daerah yang di anggap respresentatif di mandor untuk memulai Industri hilir yang akan mengelola bahan setengah jadi dan jadi," paparnya.
Dikatakannya, hal ini sudah di mulai di sektor kehutanan yaitu adanya Industri primer pengolahan kayu yang ada di pal 8 dan pabrik Industri primer Kayu yang ada di meranti khusus sengn dan sejenisnya. sedangakan yang lainnya juga akan di bukan pabtik industri untuk kayu-kayu bulat yang menggunakan SKSKB dari usaha penggelolaan masyarakat. sementara yang lainnya juga sudah bi buka lahan pabrik kelapa sawit yang berada di Pahuman milik PT.ANI.
"jadi bukan hanya itu adalagi membuka lahan pabrik CPO kelapa sawit yang ada di daerah jelimpo dari perusahaan IGP sementara untuk kawasan Industrinya itu ada do mandor yang tahun ini sudah akan masuk dalam tahap pembebasan lahan,"katanya.
Dengan demikian katanya, dengan adanya kehadiran pabrik Industri hilir ini maka dengan sendirinya akan menciptakan peluang pengolahan bahan jadi seperti pabrik sabun dan bahan jadi lainnya.
Untuk itu katanya yang menjadi tugas Pemda Landak ini, adalah mencari Investor yang akan mengembangkan usahanya di bidang pabrik bahan jadi lainnya yang merupakan turunan dari hasil CPO maupun pabrik lainnya apakah itu pabrik karet maupun pabrik hilir lainnya.
"Ya ini mesti sinergis. jangan di kira kita belum melaksanakan upaya ini. tetapi kita sudah melaksanakan bahkan sudah ada yang terealisasi dan sedang melaksanakan, dan ini akan di lakukan dengan cukup serius,"katanya. (wan)


You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pemda Landak Siapkan 200 Ha Lahan Untuk Industri"


Powered by www.tvone.co.id