Tindak Tegas Pengedar Mercuri

16.27 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Terkait dengan peredaran Mercuri yang selama ini semakin mudah di jumpai di mana saja. Pemerintah Propinsi Kalimantan Barat, bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Landak, tetap terus memantau peredaran Mercuri yang semakin bebas tersebut. Berdasarkan hasil pemantauan terhadap PT.PPI yang sudah di berikan kewenangan untuk pemasok Mercuri untuk daerah Kalbar, ternyata tidak adalagi melakukan penyaluran mercuri tersebut. Sehingga kondisi seperti ini akan menimbulkan pertanyaan karena selain perusahaan yang sudah di nyatakan resmi mengedarkan Mercuri tidak ada lagi yang di berikan kewenangan.
"Yang jadi pertanyaan kita adalah siapa,padahal perusahaan inikan sudah memiliki ijin untuk penyaluran merkuri tetapi dia sendiri tidak lagi menyalurkan," ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Landak Telly Yolaga, kepada Kapuas Post Jum’at (31/07), kemarin.

Peredaran mercuri salah satu bahan yang mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia itu beredar sangat marak dan mudah di dapatkan bahkan anak kecil juga mudah mendapatkan mercuri.
"Kalau begini artinyakan peredaran Mercuri itu Illegal, dan siapa yang memasok mercuri ini, inikan pasti punya jaringan dan ini mestinya harus di selidiki," katanya.
Lebih jauh dikatakannya, untuk menyelidiki peredaran merkuri yang ada di daerah ii memang pihaknya tetapakan melibatkan pihak kepolisian. karena yang sudah nyata saat ini adalah peredaran barang tersebut tidak memberikan kontribusi apa-apa kepada daerah baik propinsi maupun Kabupaten.
"Inikan termasuk barang yang sangat di larang. jadi memang harus sangat selektiflah.
karena dengan Perda No.4 Tahun 2007 itukan di maksudkan bagaimana pengawasan terhadap peredaran Mercuri. yang kita kuatirkan ini adalah sangat berbahaya bagi lingkungan hidup dan masyarakat," ujarnya.
Karena kalau saja ketika dalam penggunaannya di buang sembarangan maka hal ini akan menimbulkan bahaya yang akan di derita oleh masyarakat yang berada di kawasan lingkungan itu.
Untuk itu ia mengharapkan dalam upaya mengungkapkan peredaran mercuri yang sangat bebas sekarang ini, maka pihaknya mengharapkan adanya kerja sama dengan masyarakat. "Kita harapkan masyarakat juga harus dapat memberikan informasi kepada pihak terkait sehingga pederannya akan dapat terungkap," pintanya.
Sehingga katanya di minta kepada masyarakat untuk dapat mengimpormasikan siapa yang menjual mercuri tersebut. Kalau ketika menjalankan usahanya seperti itu (Penjualan Mercuri) ternyata tidak ada ijinnya atau tidak resmi maka si penjual tersebut akan di tangkap. Mengingat, memang di samping tidak bayar pajak dan merusak lingkungan.
"Sebenarnya kalau ruang gerak ini di persempit, maka ini akan mencekal aktivitas PETI. karena dengan tidak beredarnya mercuri maka kegiatan ini akan susah di lakukankarena bahan utamanya adalah mercuri," tuturnya.
Kalau saja Mercuri ini terus menerus bebas beredar seperti ini maka sepanjang itulah aktifitas PETI tidak akan dapat di cegah, bahkan akan semakin meraja lela. Untuk itu katanya, sangat di harapkan peran dan dukungan dari masyarakat sehingga upaya ini akan dapat di lakukan dengan baik dan dapat menekan peredaran mercuri yang selama ini dapat di beli bagaikan kacang goreng. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Tindak Tegas Pengedar Mercuri"


Powered by www.tvone.co.id