160 Peserta Mengikuti Festival Lagu Dayak Kanayatn

07.35 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Khatulistiwa Entertainment Kalbar pimpinan Martina Beltra menggelar festival lagu Dayak Kanayatn se Kabupaten Landak sejak 25-28 Oktober mendatang. Acara langsung dibuka oleh Wakil Bupati Landak Agustinus Sukiman di gedung Swadaya Ngabang, Minggu (25/10) lalu dikuti sebanyak 160 peserta utusan dari 13 kecamatan se Landak.
” Kami dari Pemkab Landak tentunya sangat mendukung sekali kegiatan yang bersifat positif ini. Inilah bentuk dari kepedulian para generasi muda Landak untuk tetap melestarikan lagu-lagu daerah khususnya Dayak Kanayatn,” kata Sukiman dalam kata sambutannya mewakili Bupati Landak DR. Adrainus AS.

Dia mengatakan, kegiatan ini setidak-tidaknya rutin diselenggarakan. Karena saat ini hanya segelintir saja generasi muda Landak yang mau menciptakan dan melestarikan lagu-lagu daerah Dayak Kanayatn ini. Jadi dengan adanya kegiatan ini dia berharap akan ada lagi pencipta-pencipta lagu Dayak Kanayatn di Landak ini. ”Untuk peserta saya harap bisa menjiwai lagu-lagu Dayak Kanayatn yang dinyanyikan sehingga akan tahu apa arti dari lagu yang dibawakannya itu,” katanya
Ketua Panitia Jasmin mengatakan, peserta diwajibkan membawa lagu Dayak Kanayatn berjudul Tanah Parene’an ciptaan Bupati Landak Adrianus Asia Sidot dan Bulan Bule’. ”Sedangkan lagu pilihan yakni Saru’ Sumangat, Dara Amutn, Jodoh Ame Dipaksa, Pama Jubata, Janjinya Nang De’e dan Pikiri Aku,” terang Jasmin didampingi sekretaris panitia sekaligus pencipta lagu Alfino DJ.
Kemudian, dalam festival lagu Dayak Kanayatn yang akan berlangsung hingga 28 Oktober mendatang, katagori yang dinilai yakni teknik menyanyi, artikulasi, penampilan dan dinamika. Sedangkan para juri didatangkan dari Pontianak. ”Sedangkan untuk penyisihan akan kita laksanakan tanggal 26-27 Oktober di gedung Swadaya Ngabang. Sedangkan pada final nanti akan berlangsung di lapangan sepakbola Bardanadi Ngabang yang bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda. Pada final nanti akan diambil 10 putra dan 10 putri,” ungkapnya.
Jasmin menambahkan, festival ini memperebutkan piala tetap Bupati Landak, uang tunai, trophy dan pelakat. ”Sedangkan bagi sekolah dan Kecamatan yang paling banyak mengirimkan pesertanya akan mendapat piagam penghargaan dari Bupati Landak,” tukasnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

1 Response to "160 Peserta Mengikuti Festival Lagu Dayak Kanayatn"

  1. Adiva Kasmalinda Said,

    Semua orang sudah ngerti pola pikir yang seperti itu, ...ngomong emang lebih gampang, tetapi pelaksanaannya ??? pasti banyak kendala.. terutama masalah modal... hehe..he.. Bapak sendiri apa sudah pernah mencobanya untuk membuka usaha dan menyediakan lapangan kerja..

    Posted on 13 November 2012 11.27

     

Powered by www.tvone.co.id