Bupati Ajak Warga Tanam Satu Orang Satu Pohon

21.19 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak, melalui Dinas Perkebunan dan Kehutanan Kabupaten Landak, Jumat (16/100), kemarin melakukan pencanangan aksi menanam satu orang satu pohon (one man one tree) yang dipusatkan di areal Kantor Bupati Landak. Tidak hanya itu Bupati juga mencanangkan program Gerakan Tanam Sengon (GETOS). Dalam kegiatan itu tampak hadir, Wakil Bupati Landak A. Sukiman, Sekda Landak Ludis, Ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Landak Ny. Maria Beradetha Adrianus, para Kadis, Kakan, Kepala Badan, jajaran Muspida Landak, ketua Bhayangkari Landak, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, pelajar SMP, SMA/sederajat.
Bupati Landak dalam kata sambutannya menyatakan aksi menanam satu orang satu pohon dan gerakan tanam sengon ini merupakan suatu gerakan moral yang dimaksudkan untuk lebih meningkatkan kepedulian semua pihak terhadap pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan dalam rangka mengurangi pemanasan global dan untuk mencapai pembangunan Indonesia yang bersih.


Namun, lebih utama lagi tujuannya tentu saja untuk menunjang keberlanjutan kehidupan diatas bumi ini. Ini yang paling penting, dikembalikan kepada kehidupan. ”Karena ini memang berkaitan erat dengan kehidupan manusia sendiri,” ujarnya.
Dikataknnya juga, pencanangan kedua program itupun bertujuan untuk meningkatkan penyerapan gas karbon atau zat CO2, karena zat ini sangat membahayakan bagi kehidupan manusia. Kemudian bertujuan juga untuk meningkatkan konservasi sumber daya genetik tanaman hutan. ”Hendaknya program ini menjadi perilaku dari kehidupan kita sehari-hari, terutama anak-anak. Anak-anak sendiri harus betul-betul merasa memiliki kepedulian yang tinggi. Sebab masa depan anak-anak ini masih panjang,” katanya.
Ditempat yang sama, Plt.Kepala Dinas Perkebunan dan Kehutanan Landak Vinsensius,S.Sos.MMA dalam laporannya, adapun jenis dan jumlah bibit yang akan ditanam pada kegiatan aski tersebut di Landak sebanyak 362.010 diatas penetapan Gubernur Kalbar sebanyak 350.000 batang. ”Ini meliputi bibit trembesi 20 batang, mahoni 10.350 batang, sungkai 10.600 batang, tanjung 10.020, durian 10.000 batang, petai 20.000 batang, gaharu 10.000 batang, angsana 1.500 batang, matoa 20 batang, sengon 47.000 batang dan bibit karet sebanyak 242.500 batang,” jelasnya.
Selanjutnya, jumlah bibit yang sudah tertanam sebanyak 267.980 batang. Rinciannya yakni bibit matoa sebanyak 4 batang, trambesi 6 batang, tanjung 20 batang, angsana 1.500 batang, mahoni 350 batang, sungkai 600 batang, sengon 27.000 batang dan bibit karet sebanyak 237.500 batang. ”Sebanyak 94.030 batang bibit dari hasil pengurangan jumlah target tanam akan disebarkan di 13 Kecamatan se Landak dan kita mendapat droping bibit dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Kapuas (BPDAS Kapuas) sebanyak 70.000 batang,” pungkasnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Bupati Ajak Warga Tanam Satu Orang Satu Pohon"


Powered by www.tvone.co.id