Bupati Landak Lakukan Penanaman Sengon di PT.NI

06.43 Diposkan oleh HERI IRAWAN
Dukung Kehadiran Investor, Percepat Pembangunan Daerah
MERANTI - Bupati Kabupaten Landak DR. Adrianus AS, mengungkapkan, dalam rangka mempercepat pembangunan di daerah pedesaan. Kehadiran para investor punya peranan penting. Pemda Landak sendiri saat ini kemampuannya terbatas, sehingga kalaupun dapat melakukan pembangunan terutana di sektor yang sangat di butuhkan oleh masyarakat, tentu akan membutuhkan waktu yang lama.
“Terus-terang saja kalau kita hanya mengandalkan kemampuan pemerintah daerah untuk membangun jalan atau jembatan atau pembanguna yang sipatnya sangat di butuhkan oleh masyarakat. Ini tidak akan mungkin. Kalaupun bisa waktunya bukan secara langsung tetapi memakan waktu yang cukup lama karena kemampuan Pemda kita sangat terbatas,” kata Adrianus AS ketika melakukan kunjungan sekaligus melakukan penanaman phon Sengon, serta meninjau kondisi perkebunan PT. Nityasa Idola (NI) di Kecamatan Meranti Rabu (13/10).

Hadir dalam kunjungan tersebut kepada Dinas dan Kepala Badan serta wakil Bupati Landak A. Sukiman.
Sebelum melakukan tatap muka dengan masyarakat yang ada di daerah ini, Bupati Landak yang di dampingi oleh Pimpinan dan jajaran dari PT.NI secara langsung meninjau kondisi di lapangan pembangunan perkebunan Hutan Tanaman Industri (HTI) Milik PT.NI yang tersebar di daerah dalam kawasan Kecamatan Meranti.
Dari hasil kunjungan tersebut, Bupati mengungkapkan kalau dari realita yang ada di lapangan, ternyata perkebunan yang ada di daerah ini juga masih berbentuk spot-spot sehingga kondisi ini masih harus di lakukan perubahan agar lahan yang seperti ini masih harus di jadikan satu hamparan.
“Saya sudah mendengar dari pimpinan perusahaan kalau saat ini pihak perusahaan sudah membangun jalan sepanjang 76 Km jalan, bahkan daerah yang sangat terisolir seperti Sage sudah dapat tebuka dari keterisolasian dan masih ada beberapa daerah lagi yang sudah merasakan mempaat dari kehadiran Investor ini,” tuturnya
Dia juga menjelaskan pembanguna yang sudah di lakukan oleh pihak perusahaan ini, masyarakat yang berada di daerah ini yang dulunya ketika bepergian ke meranti harus menempuh jarak yang cukup jauh lataran hanya melewati jalan setapak, tetapi setidaknya perubahan itu saat ini sudah di rasakan oleh masyarakat itu sendiri.
“Terus terang saya katakana kalau masyarakat hanya mengandalkan kemampuan dari Pemda ini tidak mungkin secepat ini dapat di bangun jalan, sedangkan kemampuan kita masih terbatas sedangkan di daerah Kabupaten Landak ini memiliki 800 Km jalan dan untuk membangun jalan ini sangat mahal. Bahkan untuk membangun jalan yang kelas C yang berukuran maksimal 5 ton itu 1 meter persegi itu memerlukan biaya 3 juta sedangkan yang harus kita bangun ini sekitar 800 Km,” tuturnya.
Dengan demikian, katanya, dengan kehadiran investor yang ada di Kabupaten Landak, maka pembangunan tersebut sudah dapat di lakukan dengan waktu yang singkat walaupun masih jalan tanah tetapi masyarakat sudah dapat merasakan hasil dari pembangunan tersebut.
Ia meminta kepada masyarakat yang ada di daerah ini, di harapkan dapat mendukung kehadiran Investor khususnya kepada PT.NI yang ada di daerah Kecamatan Meranti untuk dapat berjalan beriringan dengan pihak perusahaan sehingga kondisi di lapangan Lokasi pembangunan HTI ini tidak lagi berbentuk Sot-spot tetapi dapat terbangun satu Hamparan.
“Efek dari kehadiran investor ini bukan hanya pada proses percepatan pembangunan saja, tetapi yang terpenting di sini adalah penyerapan tenaga kerja ddan pada tujuan akhirnya adalah peningkatan perekonomian masyarakat,” katanya.
Kemampuan dari pemerintah hanya mampu berivestasi ¼ atau sekitar 2 triliun lebih. Sementara ¾ kelebihan Investasi lainnya ini tentu sid serahkan kepada pihak swasta dan masyarakat. Disinilah peran investor untuk membangun karena kalau tanpa Investor maka pertumbuhan pemabangunan dan perekonomian masyarakat terutama yang ada di daerah pedalaman ini akan sangat lamban sekali.
“Kalau kehadiran investor ini tidak berjalan sebagaimana mestinya, maka saya kira pertumbuhan masyarakat di Kabupaten Landak ini akan sangat sulit berkembang,” paparnya.
Untuk itu untuk mewujudkan kemajuan tersebut, maka seraya berharap agar masyarakat dapat mendukung sepenuhnya para Investor yang ada di daerah ini sehingga di sisi pembangunan, daerah terpencil akan dapat bertumbuh lebih cepat sedangkan di sisi prekonomian juga akan sangat mudah berkembang.
Ditempat yang sama Side Manager PT.NI, Kabupaten Landak PJ. Setiawan mengatakan, pembangunan perkebunan HTI milik PT.NI yang ada di daerah Kecamatan Meranti ini sampai saat ini penanaman baru mencapai 1400 Ha di mana dalam sati Ha rata-rata 1350 batang ada yang 1111 ada yang 1600 tergantung dari kondisi lahan yang ada.
Sedangkan luasan areal yang saat ini baru mencapai 24000 khusus untuk side meranti sedangkan kedepannya ini akan secara terus menerus di upayakan dengan pendekatan agar lahan yang ada saat ini dapat terus menerus bertambah.
“Kita di sinikan system kelompok dan seperti di Desa Sage tadi itu baru ada 1 kelompok dan yang lainnya juga akan kita rangsang supaya mau juga membentuk kelompok yang mau bergabung dengan kita,”tuturnya.
Sementara masyarakat yang ada sekarang ini hanya sipatnya system individu sehingga keberadaan perkebunanpun masih berebntuk spot-spot dengan jarak yang cukup jauh.
“Kalau seperti inikan cukup berat bagi kita terutama di sisi biayanya ini sangat berat dan cukup besar. Karena jarak yang di tewmpuh ini juga cukup jauh sedangkan jalannmya juga harus kita bangun,” paparnya.
Sehingga katanya kalau di lihat konsdisi yang ada sekarang ini lebih banyak pembangunan jlaannya kalau di bandingkan dengan tanamannya. Di manna jalan yang ada saat ini sudah mencapai 76 Km sementara tanaman yang sudah tertanam itu hanya mencapai 1300 batang dan ini memang sangat tidak berimbang.
Ia juga berharap agar masyarakat yang ada di daerah ini akan dapat membantu pihak perusahaan sehingga perusahaan yang ada di daerah ini akan dapat berkembang lebih baik lagi. Tujuan akhirnya juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang ada di daerah ini. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Bupati Landak Lakukan Penanaman Sengon di PT.NI"


Powered by www.tvone.co.id