Gubernur Resmikan 6 TP CU Lantang Tipo di Ngabang

07.02 Diposkan oleh HERI IRAWAN

NGABANG – Gubernur Kalimantan Barat Drs. Cornelis, MH, Sabtu (17/10) lalu di Ngabang, meresmikan 6 (enam) bangunan Credit Union (CU). Dimana ke enam CU itu adalah CU Lantang Tipo Tempat Pelayanan (TP) Masdapala Ngabang Kabupaten Landak, TP Beduai, TP Tayan, TP Teraju, TP Noyan ketiganya Kabupaten Sanggau, dan TP Nanga Taman Kabupaten Sekadau.

Dalam peresmian itu tampak hadir Bupati Landak DR. Drs. Adrianus AS, M.SI, Wakil Bupati Landak A. Sukiman, SH, Sekda Landak Drs. Ludis, M.SI, Ketua Sementara DPRD Landak Kabupaten Landak Mohzai, SP, Wakil Ketua Sementara DPRD Landak Klemen Apui, S.IP, Kepala CU Marcellus Sunardi, S.Pd, Manager PMS Ngabang Ramli Rama, SP, sejumlah pejabat tinggi Pemprov Kalbar, seluruh anggota CU Lantang Tipo, serta undangan lainnya.
Dalam kata sambutannya Gubernur Kalbar Cornelis menyatakan menyambut baik dengan kehadiran CU Lantang Tipo, dan sebentar lagi ada enam TP diresmikan dan disaksikan seluruh undangan. ”CU adalah lembaga ekonomi, saya beharap CU ini menjadi lebih memotivasi kita dalam rangka ekonomi kerakyatan dan meningkatkan koperasi khususnya tantang usaha setiap tahun semakin komplek dimasa yang akan datang,” katanya.
Untuk itu gubernur menghaturkan pengharagaan dan ucapan terima kasih dukungan semua pihak yang telah memberikan dedikasinya yang tinggi, sehingga Kalbar mendapat beberapa penghargaan terutama masalah koperasi berpresati dari CU Lantang Tipo.
Gubernur juga mengakui saat ini kehadiran sebuah koperasi di negara kita masih banyak mendapat tantangan, mengingat koperasi mendapat kendala-kendala yang sampai saat ini harus dibehani dengan menejemen yang profesional.
Ditempat yang sama Kepala CU Marcellus Sunardi, menyatakan keenam pembangunan CU itu menghabiskan dana sekitar Rp. 9. 821.561.000. Dengan rincian CU Lantang Tipo TP Masdapala Ngabang Kabupaten Landak Rp. 2,6 miliar, TP Beduai Rp. 1,5 miliar, TP Tayan Rp. 1, 8 miliar, TP Teraju Rp. 1,6 miliar, TP Noyan Rp 800 an juta, TP Nanga Taman Rp. 1, 3 miliar.
Ia juga menyatakan peresmian CU ini diambil pada bulan Oktober, mengandung makna, bahwa pada bulan Oktober tersebut pada tanggal 28 Oktober diperingati Hari Sumpah Pemuda. ”Peristiwa bersejarah pada hari ini, adalah untuk menggenang hari Sumpah Pemuda. Bagaimana tidak, saat ini para anggota CU Lantang Tipo berasal dari berbagai etnis, suku, bahasa, agama dan latar belakang dan mereka telah memutuskan untuk bersatu bersama CU Lantang Tipo,” kata Sunardi seraya mengatakan CU Lantang Tipo pada tahun 2009 ini berhasil meraih penghargaan diantaranya, koperasi berprestasi tingkat Kalbar dari Gubernur Kalbar, koperasi berprestasi tingkat nasional yang diserahkan di Samarinda Kaltim belum lama ini.
Ia menambahkan CU Lantang Tipo saat ini CU paling terbesar di negara Indonesia, baik dari sisi aset maupun disisi keanggotaan. Berdasarkan data 30 September 2009, jumlah anggota CU Lantang Tipo ada 88.069 orang dan aset 700 an miliar lebih, dan asset ini berasal dari swadaya anggota CU Lantang Tipo.
Bupati Landak DR. Adrianus AS, atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Landak mengucapkan selamat atas peresmian keenam TP CU Lantang Tipo.
”Ekonomi di Landak, tahun ini mengalami trend membaik, salah satu indikatornya adalah telah hadir beberapa lembaga keuangan. Setelah bank Kalbar meningkatkan statusnya menjadi cabang, demikian juga BRI, CU Pancor Kasih, CU Lantang Tipo dan CU-CU lainnya seperti CU Seha, CU Semarong dan ini semuanya tentu menggairahkan bagi masyarakat Kabupaten Landak,” kata mantan Wakil Bupati Landak.
Itu semua menjukkan roda perekonomian sudah mulai baik, dari data statistik, angka sementara pertumbuhan ekonomi Kabupaten Landak tahun 2009, sampail bulan September 2009 adalah 3, 72 %, dan ini diharapkan terus tembuh dan membaik.
Usai meresmikan bangunan CU, Gubernur didampinggi istri melakukan test pengambilan uang pertama di ATM CU Lantang Tipo. Selanjutnya disusul bupati didampinggi istri. Dari ATM, rombongan terakhir meninjau ke dalam bangunan CU, sebelumnya Ny. Frederica Cornelis, S.Pd, mengunting pita masuk pintu CU Lantang Tipo TP Masdapala Ngabang. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Gubernur Resmikan 6 TP CU Lantang Tipo di Ngabang"


Powered by www.tvone.co.id