Kwalitas Intan Landak Lebih Baik

07.31 Diposkan oleh HERI IRAWAN


NGABANG – Kabupaten Landak terkenalan dengan nama Kota Intan. Tidak heran bila banyak orang pecinta pembeli Intan langsung datang dari luar negeri membeli Intan. Bahkan Intan asal Landak memiliki kualitas yang sangat bagus.
Salah seorang penjual Intan, Alpian warga Pulau Bendu Kecamatan Ngabang mengaku sejak berusia 10 tahun sampai usianya 37 tahun tetap semangat memburu Intan, tapi sekarang berbeda yang dulu sebagai pencari Intan sekarang sebagai pembisnis intan.


Alpian mengatakan banyak intan yang ia peroleh. Intan hasil pendulangan secara tradisiona dari daerah setempat, misalnya didaerah Serimbu, Mandor maupun Kuala Behe. Penambangan tradisional intan, di Kabupaten Landak, sudah lama berlangsung dan hasil produksi intan itupun sudah banyak diperjual belikan. “Ini intan yang kotor harganya tidak terlalu mahal tapi yang ini harganya lumayan, sekitar 80 juta,” kata Apian seraya memperlihatkan beberapa Intan yang ia miliki.
Intan hasil tambang dari Kabupaten Landak kualitasnya cukup bervariasi, intan yang kualitasnya bagus dan mahal terlihat bersih dan bening, tetapi ada juga yang kecoklatan.
“Umumnya yang lebih bening lebih mahal, sementara yang coklat atau yang gelap lebih murah, misalnya intan yang kecil dan berwarna gelap ini sekitar Rp600 ribu tapi yang bening seperti ini mencapai ratusan juta,” katanya menunjuk barang miliknya.
Ia juga mengaku sudah menggeluti dunia Intan sejak usia 10 tahun, saat pulang sekolah ia lalu mendulang intan, sampailah ia berkeluarga, memiliki istri dan anak yang membuat keluarganya hidup bahagia. Usaha pertambangan intan tetap menjadi mata penghasilannya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kwalitas Intan Landak Lebih Baik"


Powered by www.tvone.co.id