Masyarakat Harus Lebih Kreatif

07.23 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Kepala Bappeda Kabupaten Landak Alfius.S,Sos mengatakan dalam rangka menciptakan lapangan ekrja di harapkan masyarakat harus lebih kreatif terutama melihat peluang usaha yang dapat di kembangkan. Kendati menurutnya, kalau hanya semata-mata mengandalkan peluang kerja yang di siapkan oleh perusahaan ini akan sangat terbatas sehingga memerlukan peluang usaha lainnya.
“saya pikir kalau memang kita mengharapkan kesempatan kerja di bidang perkebunan yang di miliki oleh perusahaan, mungkin ini akan lebih terbatas, karena umumnya tenaga yang di butuhkan ini sangat terbatas jadi ya memang masyarakat harus lebih kreatif,”tuturnya kepada Kapuas Post jumat kemarin.
Apalagi katanya kalau saja seluruh masyarakat hanya mengandalkan kesempatan kerja ang di buka oleh perusahaan maka ini akan sangat uslit sehingga dari sisi lain masyarakat harus dapat menciptakan peluang lapangan kerja baru yang bisa saja di ciptakan berbagai kesempatan yang dapat di serap oleh pasar.

“Yang kita harapkan adalah memang masyarakat harus bisa melihat apa yang berpotensi untuk di lakukan, lagi pula, di daerah kita khususnya di Kabupaten Landak ini memang cukup kaya akan berbagai potensi yang dapat di kembangkan,” katanya.
Jika hanya mengandalkan kesempatan kerja pada perusahaan, katanya, maka inilah yang akan menimbulkan over atau kelebihan tenaga kerja sehingga kondisi ini harus di imbangi dengan keinginan masyarakat untuk mandiri. Di bidang pertanian saja katanya potensi ini bukan hanya dapat di kembangkan oleh pihak perusahaan semata, tetapi masyarakat juga sangat memiliki peluang yang cukup besar untuk mengembangkan sector ini. Kendati masyarakat dapat mengembangkan berbagai potensi yang sangat dibutuhkan oleh pasar.
“Masyarakatkan bisa membuka lahan perkebunan jagung, kacang-kacangan atau jenis tanaman lainnya kemudian di sisi keterampilan, masyarakat juga dapat mengelola keterampilan apakah itu anyaman, ukiran atau hal-hal yang di minati pasar dan inikan sudah merupakan lapangan kerja,” ungkapnya.
Karena menurutnya selama ini, berbagai potensi yang ada masih belum maksimal di upayakan oleh masyarakat padahal ini sangat memiliki peluang besar bagi masyarakat. Selain itu pintanya selain sebagai tenaga kerja di perusahaan masyarakat juga dapat mengembangkan diri dengan melaakukan berbagai peluang kerja atau usaha yang supatnya dapat menggerakan sector pendapatan dan ini juga akan menicptakan lapangan kerja.
“saya kira upaya Pemerintah daerah ini memang sudah cukup banyak yang mengarah pada peningkatan dan menciptakan peluang usaha bagi masyarakat, seperti pelatihan membuat kue, kerajinan anyaman,ukiran atau pelatihan lainnya dan ini merupakan upaya pemerintah agar dapat mengembangkan kemampuan untuk mengelola potensi yang ada di daerah ini,” katanya lagi.
Sehingga selain lapangan kerja yang di siapkan oleh Pemda melalui Investor, kemandirian masyarakat ini juga sangat di butuhkan yang di harapkan mampu meningkatkan sector pendapatan maupun peningkatan perekonomian masyarakat.
“Salah satu upaya kita adalah menyiapkan wadah yang dapat menampung hasil kerajinan masyarakat seperti kerajinan maik anyaman,ukiran atau potensi yang dapat di ciptakan oleh masyarakat. Seperti persiapan galeri yang ada di Seha Kecamatan sengah Tamila, ini juga salah satu upaya kita agar masyarakat dapat mandiri, kita siapkan wadah atau tempatnya dan kelolalah oleh masyarakatnya supaya hasil yang di peroleh ini juga akan mampu menambah asset masyarakat itu sendiri,” pintanya.
Dikatakannya, kondisi ini memang masih membutuhkan kemauman dari masyarakat. Tetapi bagaimanapun juga harapnya kepada masyarakat untuk dapat mandiri artinya jangan hanya mengandalkan kesempatan kerja di satu budang semata, tetapi haruslah mampu menciptakan lapangan kerja yang akan mampu memberikan peningkatan penghasilan yang lebih baik. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Masyarakat Harus Lebih Kreatif"


Powered by www.tvone.co.id