Sengah Temila dan Mandor Tidak Hadir

09.45 Diposkan oleh HERI IRAWAN

Bupati Kecewa
NGABANG- Raut kecewa tampak terpancar diwajah Bupati Landak DR. Adrianus AS, saat pembukaan Festival Budaya Binua Landak (FBBL) IV, Sabtu (10/10/09), dilapangan sepak bola Bardan Nadi Ngabang. Pasalnya, ada 2 (dua) kecamatan, yaitu Kecamatan Sengah Temila dan Mandor, tidak mengikutsertkan kontingennya pada FBBL tersebut. Kekecewaan itupun diungkapkan mantan Kadis Pendidikan Kabupaten Landak dengan menyatakan merupakan satu tamparan hebat terhadap dirinya selaku Bupati Landak. Sehingga muncul satu pertanyaan dibenak bupati, apakah ini satu bertanda mempermalukan dirinya, karena ia berasal dari Kecamatan Sengah Temila, atau ada muatan-muatan lain. “Saya harus berpikir seperti itu, karena seharusnya Kecamatan Sengah Temila dan Mandor mengirim kontingennya. Alasan dari Camat Sengah Temila sibuk mengurus final sepak bola Bupati Cup 2009 di Mandor, Sabtu (10/10/09) pukul 15.00 wib, demikian juga pada Kecamatan Mandor,” sesalnya.

Justru bupati mengulas, tidak semua masyarakat Sengah Temila dan Mandor bermain sepak bola, yang diurus hanya 11 orang. Dan inipun, tegas bupati, dari Pahuman ke Ngabang tidak makan waktu lama, berbeda dengan kecamatan-kecamatan lain, seperti Kecamatan Meranti, Kuala Behe, Air Besar, dan Sebangki. Justru kecamatan ini bisa menghadirkan kontingen mereka.
Bupati juga tidak lupa mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh camat yang mengirim kotingennya pada FBBL IV. Karena itu bupati memberikan penghargaan yang setinggi-tinggi kepada camat yang mengirimkan kontingen.
Oleh sebab itu, lanjut bupati, ini adalah bagian dari perwujudan dari tanggungjawab saudara terhadap masyarakat, karena apa yang ditampilkan itu adalah kekayaan budaya masyarakat saudara disetip kecamatan.
Bupati berharap kegiatan FBBL ke IV harus lebih baik dari tahun-tahun penyelengaraan sebelumnya. Mengingat, kita belajar dari pengalaman-pengalaman kita, dan itulah merupakan salah satu ciri manusia mau maju, yang kedepannya berorientasi kemasa depan. “Mudah-mudahan kegiatan ini lebih berkualias,” harap bupati.
Ditempat yang sama, kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Barat Drs. Kamaruzzaman, MM menilai penyelengaraan FBBL IV ini menjadi sangat penting untuk dijadikan sebagai sarana penentuan calon perwakilan Kabupaten Landak dan untuk dapat memberikan yang terbaik dalam mengikuti kegiatan Festival Bumi Budaya Khatulistiwa (FBBK) mendatang.
FBBK IX nanti, tambahnya, kegiatan seperti Pemilihan Bujang Dara Khatulistiwa, Parade Lagu dan Tari Daerah, Lomba Makanan Tradisonal, Lomba Layang-Layang Hias, Lomba Merias Penganten Melayu, Lomba Merancang Busana Panganten Daya, Pameran Budaya, Pariwisata an Potensi Daerah dan lain-lain.
Sebelumnya Kadis Pemuda, Olahraga, Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Landak Drs. Lukas Kanoh, MM, menyatakan peserta FBBL IV merupakan perwakilan kecamatan, dengan jumlah maksimal 36 orang per kontingen artinya ada 468 orang.
“Sampai dengan acara pembukaan sebanyak 288 orang atau 62 % dari rencana, berasal dari 11 kecamatan atau 85 % dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Landak,” katanya seraya menambahkan 2 (dua) kecamatan yang tidak mengirimkan kontingen adalah Kecamatan Sengah Temila dan Kecamatan Mandor. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Sengah Temila dan Mandor Tidak Hadir"


Powered by www.tvone.co.id