Warga Sage Minta Desanya Dimekarkan

07.08 Diposkan oleh HERI IRAWAN
MERANTI – Kepala Dusun Sage Kecamatan Meranti Hendra P meminta wilayah desanya yang ada sekarang ini dapat di mekarkan. Kendati keterangan yang di sampaikan di depan Bupati Landak Adrianus AS ketika melakukan kunjungan di daerah tersebut mengungkapkan kalau saat ini masyarakat merasa cukup kualahan ketika mengurus berbagai administrasi harus menmpuh perjalan yang cukup jauh sehingga kondisi ini sangat menyulitkan.
“Kami sangat mengharapkan kepada Bapak Bupati sudi kiranya desa kami yang ada sekarang ini untuk dapat di mekarkan.karena kami sangat merasa kesulitan lataran dusun kami ini cukup jauh dari Desa,” pintanya.
Dikatakannya dusunnya saat ini masuk dalam lingkungan Desa Meranti yang notabenenya cukup jauh sekali padahal Desa Ampadi yang merupakan Desa yang sangat dekat dengan dusun Sage ternyata dusun Sage harus berada di Desa yang cukup jauh.
an class="fullpost">
“Saya juga tidak mengerti ya bagaimana cara pembagian Desa pada jaman dulu itu. Seharusnya Dusun sage yang dekat dengan Desa Ampadi ternyata harus bergabung dengan Desa Meranti yang jaranya cukup jauh bahkan sempat melewati beberapa Desa lagi, pembagiannya ini yang membingungkan,” tutur Bupati.
Namun dari permasalahan yang di hadapi oleh masyarakat seperti yang di tuturkan oleh Hendra tersebut kata Adrianus, untuk pemekaran Desa ini tidak dapat serta merta di wujudkan lataran ini sangat berkaitan sekali dengan ketersediaan anggaran kemampuan pemerintah daerah. Di mana pada setiap pemekaran Desa, Pemda harus mengalokasikan Anggaran 130 juta per Desa. Sehingga ini pula yang harus di pertimbangkan.
Memang pada satu saat permintaan masyarakat itu akan dapat terwujud, tetapi tidak semudah yang di bayangkan karena ini akan memerlukan proses yang lama.
“Bayangkan saja kalau saat ini saja di Landak ini memiliki 156 Desa, maka setiap tahunnya harus kita siapkan paling tidak 30 Milyar. Dan untuk tauhn 2009 ini saja kita harus menyiapkan 30 milyar untuk pembiayaan Desa. Jadi memang berat,” terangnya.
Seraya meminta, kepada masyarakat terutama yang menghendaki adanya pemekaran Desanya, ini juga harus dapat memahami kesulitan yang di hadapi oleh Pemda. Namun demikian katanya Seraya tidak berjanji kapan dapat di lakukan pemekaran, tetapi tetap berupaya agar pelayanan yang di berikan kepada masyarakat ini akan dapat lebih baik lagi. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Warga Sage Minta Desanya Dimekarkan"


Powered by www.tvone.co.id