BPPKP Landak Lakukan Pembinaan dan Pendekatan

11.40 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Dalam rangka memperbaiki serta meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) khususna masyarakat petani yang ada di daerah Kabupaten Landak, Badan Pelaksana penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kabupaten Landak, secara kontinyu akan terus menerus melakukan berbagai terobosan terutama dalam membangun kemampuan serta keterampilan para masyarakat tani yang ada di daerah ini agar ke depannya masyarakat yang umumnya petani dapat meningkatkan kemampuan serta bisa meraih keberhasilan yang lebih meningkat kalau di bandingkan beberapa tahun lalu

“Tugas kita adalah merubah yang belum tahu di harapkan menjadi tahu, yang belum mau bagaimana kita upayakan agar mereka bisa menjadi mau menjadi petani yang berhasil,”ini adalah tugas yang harus kita laksanakan,” ungkap Paiman, kepada Badan BPPKP Kabupaten Landak Kamis, lalu di Ngabang.
Dengan demikian katanya, tugas yang harus di lakukan oleh penyuluh adalah merupakan ingin merubah prilaku yang ada di masyarakat sehingga dengan adanya perubahan yang bersipat positif tersebut akan mampu memberikan peluang yang cukup besar bagi masyarakat sehingga dapat berdaya guna terhadap masyarakat maupun daerah.
Untuk itu katanya,saat ini pihaknya secara terus menerus memberikan arahan kepada masyarakat terutama terkait dengan tehnis tehnis pertanian yang modern sehingga dengan adanya kondisi ini di harapkan akan mempu merubah pola pikir dari yang tidak mau menjadi mau.
“Memang ini membutuhkan waktu yang lama, artinya membutuhkan prose yang lama yang mana ini juga butuh penyesuaian. Sehingga tidak mungkin kegiatan ini di sosialisasikan kepada masyarakat secara langsung di terima, di lakukan dan langsung berhasil,” tuturnya..
Untuk melakukan berbagai perubahan baik pola pikir, maupun perubahan dari system tradisional ke modern ini juga harus di lakukan suatu kajian sehingga dalam menerapkan hal ini dapat di terima oleh masyarakat dengan baik.
“Ini butuh berbagai kajian, artinya kalau saat ini masih ada masyarakat kita yang belum dapat menerima pola yang akan kita terapkan dan kalaupun mereka menerima ternyata gagal, ini harus kita cari tahu apa sih penyebabnya, karena inikan masing-masing pasti ada kelemahan,”paparnya.
Terkait dengan potensi lahan yang sampai saat ini belum tergarap secara optimal, Seraya mengungkapkan, kalau dalam pembangunan percetakan sawah itu sendiri akan melibatkan berbagai instansi, karene dalam melakukan pembangunan percetakan sawah itu sendiri maka di daerah itu juga harus ada berbagai sarana dan prasarana. Terutama irigasi, tetapi kondisi ini juga akan dapat di sesuaikan dengan kondisi yang ada di masyarakat.
“Memang ini melibatkan banyak pihak, artinya kalau memang itu pecetakansawah maka ini akan melibatkan banyak pihak,tetapi ini juga harus melihat bagaimana anggaran yang ada jadi memang kita ini masih sangat terbatas,” paparnya.
Sehingga katanya dalam melakukan pembangunan terutama di bidang pertanian seperti yang sudah di ajukan oleh masyarakat, ini harus di ajukan oleh pemerintahan di tingkat perdesaan yang akan di bahas dalam musrenbang sampai di bahas di tingkat Kabupaten sehingga kalau memang ada anggaran maka kegiatan ini dapat di laksnakanakan, karena apapun kegiatan yang akan di laksanakan ini akan sangat tergantung dari ketersediaaan anggaran.
Ia mengharapkan dalam melakukan perubahan, di harapkan agar perubahan ini juga harus berasal darti masyarakat yang artinya ketika melakukan perubahan masyarakat dapat melakukan terobosan serta berupaya agar peningkatan yang di lakukan akan dapat terlaksana dengan baik. Karena memang menyuluh adalah tugas dari PPL, tetapi bagaimanapun juga keberhasilan ini akan terlaksana apabila di dukung oleh semua elemen yang ada. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "BPPKP Landak Lakukan Pembinaan dan Pendekatan"


Powered by www.tvone.co.id