NGABANG – Rencana pembangunan jalan dari Ibu Kota Air Besar menuju ke Banangar, ternyata mendapat respon positif darti berbagai kalangan. Terbukannya akses jalan ke air terjun ini akan memberikan dampak ganda yang sangat berpeluang membuka potensi baik terhadap asset wisata alam berupa air terjun maupun terhadap ekonomi masyarakat yang ada di daerah ini.
Kepada wartawan Kapuas Post, Sameon belum lama ini mengungkapkan, rencana pembangunan jalan yang akan menuju air terjun Malanggar tersebut selain membuka asset wisata juga akan membuka isolasi pada sejumlah daerah yang ada di daerah ini.
“Jalan ini nantikan akan melewati beberapa Desa seperti Sempetung, Nyari, Merayuh,Ngkangin dan beberapa daerah lainnya yang ada di kawasan ini,” tutur mantan Camat Air Besar ini.

Oleh karenanya, dengan terealisasinya pembangunan jalan ini akan sangat memberikan dampak ganda terhada perkembangan yang ada sehingga dari sisi parawisata, sudah di pastikan akan sangat menjanjikan. Sementara di sisi lain, jalan ini juga akan sangat memberikan hal fositip terhadap perkembangan masyarakat yang ada di daerah ini. Karena selama ini masyarakat yang ada di daerah ini masih sangat jauh tertinggal yang di sebabkan sejumlah daerah yang ada di kawasan ini belum memiliki akses jalan yang secara langsung menghubung Ibu kota Kecamatan dengan daerah lainnya.
“Selama ini masyarakat masih menggunakan jalur air itu pun kalau waktu air lagi pasang bahkan tidak jarang untuk mencapai Kota Ngabang saja harus memakan waktu belasan hari di jalan,” paparnya.
Tetapi lain halnya kalau jalan yang akan menuju ke tempat ini sudah di bangun, dan masyarakat yang ada di akan dapat lebih mudah untuk mencapai daerah tujuan.
“Sebenarnya jarak antara serimbu ke Malanggar itu hanya belasan Km tidak sampai 20han Km bahkan jalan ini juga sudah sangat dekat dengan Entikong karena dari Nyari ini sudah ada jalan yang tembuk ke daerah Entikong,” jelasnya.
Tidak heran, kalau masyarakat lebih banyak menjual hasil pertanian seperti Karet, koko,kopi, lada maupun hasil pertanian lainnya ke Entikong karena memang jarang ke daerah ini memang jauh lebih dekat dan juga sudah memiliki jalan
Untuk itu Seraya sangat berharap, agar rencana pembangunan jalan dari Serimbu menuju ke Air terjun Malanggar ini akan dapat di bangun karena memang akan sangat memiliki efek ganda terutama dalam pengembangan perekonomian masyarakat serta membuka isolasi daerah sehingga dari pembangunan ini akan mempu meningkatkan daya jual potensi yang di miliki.
“Kita yakin dengan adanya pembangunan jalan ini nantinya akan membuka cakrawala masyarakat artinya perkembangan ini akan dapat lebih meningkat. Karena memang berbekal dengan asset wisata yang kita miliki ini memang cukup menjanjikan kalau memang akses yang menuju ke sana (Melanggar red) di buka,” ungkapnya.
Terutama berbagai hasil pertanian yang di hasilkan oleh daerah ini akan dapat lebih lancar di pasarkan lataran arus transportasi yang di miliki daerah sudah lancar. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Realisasi Pembangunan Jalan Serimbu - Banangar Buka Akses"


Powered by www.tvone.co.id