SMPN 2 Ngabang Siap Ikuti Adiwiyata

08.07 Diposkan oleh HERI IRAWAN
Berupaya Menjadi Yang Terbaik
NGABANG – Kepala SMP Negeri 2 Ngabang Mariani mengatakan SMPN 2 Ngabang kegiatan wiyatamandala sekolah adalah ,merupakan kegiatan yang sudah sejak lama di lakukan sehingga kalau kegiatan tersebut akan di lakukan perlombaan wiyata sekolah maka pihaknya sudah siap hanya kegiatan ini akan di upayakan lebih di tingkatkan agar dapat meraih prestasi yang terbaik.
“Kalau kita di SMPN 2 ini kegiatan wiyata sekolah ini memang sudah lama kita lakukan, hanya kalau memang ini akan di lakukan perlombaan kita hanya berupaya untuk tampil lebih baik agar dapat berhasil,”tuturnya kepada Kapuas Post di ruang kerjanya kemarin.
Di katakannya, memang di akui kalau kegiatan untuk dapat meraih ang terbaik ini memang bukan suatu perkara mudah, tetapi setidaknya kegiatan ini memang sudah di upayakan agar dapat lebih baik dari yang ada sekarang ini.

Diakuinya juga kegiatan wiyata ini juga harus melibatkan semua unsur yang artinya bukan hanya dari pihak sekolah semata, melainkan juga melibatkan pihak masyarakat dalam masyarakat yang peduli terhadap lingkungan juga harus dapat berperan dalam hal ini.
“Kalau kita lihat dari program yang di lakukan oleh pemerintah seperti kegiatan pelatihan pengelolaaan sampah organic bagi guru dan pelajar dalam menunjang pendidikan lingkungan hidup yang di lakukan oleh Pemerintah Propinsi di Badan LH Kabupaten Landak ini memang cukup bagus, ini artinya upaya menjadi sekolah yang wiyata,”ungkapnya.
Dikatakannya, kalau upaya dari pihak sekolah memang sudah di rasakan sudah maksimal berbuat hanya saja hal ini masih perlu ada peningkatan terutama dari sisi partisipasi siswa dan masyarakat terutama di sector yang merupakan pendukung dalam kegiatan ini.
“Salah satu langkah yang sudah di lakukan pihak sekolah adalah membangun bak-bak sampah, tempat pencucian tangan serta menanam pohon lindung maupun arahan kepada siswa agar selalu menjaga lingkungan sekolah,” tuturnya.
Menurutnya, kalau memang kegiatan ini akan di lakukan lomba maka secara administrasi pihak SMPN 2 Ngabang sudah siap perlu kajian-kajian di bidang lain yang terkait dengan kegiatan ini agar dapat lebih baik.
Sementara itu menanggapi kegiatan pelatihan yang di lakukan di aula Lingkungan Hidup tentang pengolahan sampah Organik dan Non-organik, seraya mengatakan, kalau hal ini juga sudah di terapkan di SMPN 2 Ngabang, bahkan pihak sekolah juga sudah membangun tempat pengasingan sampah yang bersipat organik maupun non-organik hanya saja yang belum di lakukan oleh pihak sekolah adalah mengenai pengolahan sampah tersebut.
“Kalau yang namanya pengolahan inikan kita memerlukan proses, dan kita harapkan dengan adanya pelatihan yang di ikuti oleh guru dan siswa ini maka ke depannya kita akan bisa melakukan kegiatan ini, ini yang kita harapkan seperti apa yang sudah di terima pada saat pelatihan ,” ungkapnya.
Selain itu katanya dengan adanya pelatihan yang di ikuti oleh siswa dan guru tersebut juga kedepannya ini akan dapat memberikan salah satu modal agar bukan hanya di lingkungan sekolah saja yang dapat di lakukan hal tersebut, tetapi di lingkungnan umum khususnya di perkarangan rumah ini juga mastinya di lakukan agar kondisi lingkungnan yang bersih ini juga akan dapat terwujud dengan baik.
“Kalau di SMPN 2 ini para siswa kita juga sudah membuat tempat pencucian tangan bak-bak sampah, maupun kegiatan yang hubungannya dengan kegiatan wiyata sekolah dan ini akan terus kita lakukan agar ke depannya bagaimana hal ini akan dapat lebih baik lagi ini yang akan kita wujudkan,” ungkapnya.
Sehingga upaya lain yang juga akan di lakukan oleh pihak sekolah dalam rangka meningkatkan peranserta masyarakat sekolah (siswa-siswi) maka pihaknya akan melakukan kegiatan lomba dalam kegiatan wiyata sekolah melalui kelompok. Sehingga menurutnya apabila kelompok yang terbaik ini akan di berikan reward.
“Akan kita lakukan lomba antar kelompok dalam sekolah nanti dan apabila bagi kelompok yang terbaik ini akan kita berikan reword dan mudah-mudahan kegiatan ini akan dapat menjadi yang terbaik,” pintanya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "SMPN 2 Ngabang Siap Ikuti Adiwiyata"


Powered by www.tvone.co.id