Pihak Pabrik MKS, Pergunakan Penduduk Setempat

07.18 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Keberadaan Pabrik Karet Multi Karet Sejahtera (MKS) yang ada di Desa Tebedak Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, adalah merupakan upaya hal terbaik dalam rangka menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat yang ada di daerah ini.
Hanya saja, yang sangat di sayangkan ternyata hanya sedikit sekali masyarakat yang mengetahui kalau pabrik tersebut ada di Desa ini lataran tidak ada informasi apalagi sosialisasi.
Menurut keterangan A.Mulianto, SE.MM kepada Kapuas Post rabu (25/08) kemarin mengatakan, Sebagai warga Desa Tebedak Seraya sendiri tidak mengetahui akan ada pembangunan pabrik Karet oleh PT.Multi Karet Sejahtera, dan ini jelas menjadi pertanyaan kapan di lakukan sosialisasinya.

"Kita sebagai warga Desa ini tidak tahu kalau akan ada pembangunan pabrik, memang ada kabar tetapi yang anehnya tidak ada sosialisasinya ini yang aneh menurut saya, saya pikir sosialisasi itu sangat penting apalagi itu menyangkut masalah pemabangunan pabrik yang notabenenya sebuah usaha belum lagi kita berbicara masalah efeknya ke depan terutama masalah limbah," tuturnya.
Dikatakannya dalam hal ini pihaknya juga menerima dengan baik kehadiran Pabrik tersebut hanya saja tolonglah pihak perusahaan dapat melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ada di desa ini yang artinya agar masyarakat dapat mengetahui kalau di daerah ini ada pembangunan pabrik Karet yang di lakukan oleh PT.MKS.
"Saya pikir aneh, kog tidak ada sosialisasi padahal seharusnya, pihak perusahaan ini harus memberitahu kepada masyarakat melalui sosialisasi agar masyarakat mengetahui kalau di Desa mereka ini ada perusahaan atau pabrik," paparnya.
belum lagi masalah limbah apabila pabrik tersebut beroperasi, ini juga harus dapat di perhitungkan.
walapun pihaknya mengetahui kalau dalam pemdirian pabrik atauy usaha di bidang apa saja, sudah pasti harus memiliki ijin Amdal, tetapi kadang di lapangan akan ada terjadi perbedaan dengan apa yang tertera dalam perijinan, yang artinya limbah ini juga akan memiliki dampak terhadap lingkungan yang ada dan permasalahan yang seperti inilah yang harus di antisipasi oleh pihak perusahaan.
"Biasanya jauh hari sebelum ada pembangunan pihak perusahaan harus sudah memberitahukan kepada masyarakat, jadi banyak hal yang di informasikan kepada masyarakat karena untuk mengantisipasi dan mohon dukungan dari masyarakat, tetapi yang lebih banyak tahu inikan hanya pemilik lahan itupun karena lahan mereka di beli kalau tidak mungkin mereka sama juga kurang informasi," ungkap Aktivis LSM Gerak Kabupaten Landak ini.
Selain itu katanya yang juga harus di ketahui adalah masalah tenaga kerja ini juga harus menjadi perhatian pihak perusahaan, artinya jangan smpai masyarakat yang ada hanya menjadi penonton saja, danb kondisi inilah yang sangat tidak dapat di terima. lataran bagaimanapun juga pihak perusahaan harus dapat memberdayakan masyarakat setempat. (wan).
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pihak Pabrik MKS, Pergunakan Penduduk Setempat"


Powered by www.tvone.co.id