KPDT Lakukan Diskusi tanaman Karet Dan Jeruk

09.48 Diposkan oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Kegiatan diskusi yang di lakukan oleh Kementrian Pusat Daerah tertinggal dengan beberapa Instansi yang ada di Kabupaten Landak adalah salah satu kegiatan yang merupakan tindak lanjut hasil serve yang sudah di lakukan oleh tim ahli KPDT secara langsung di masyarakat. Menurut Plt Kadis Bunhut Kabupaten Landak Vinsensius, S.Sos. M,MA dalam kegiatan Diskusi tersebut menjelaskan, tujuan kegiatan diskusi ini adalah kegiatan Analisis Pasok jeruk dan karet dalam bentuk produksi artinya timbal balik yang di alami oleh petani. Menindak lanjuti hal tersebut menurutnya, kegiatan ini akan mencari terobosan bagaimana upaya untuk lebih meningkatkan penghasilan petani yang selama ini kauntungan tersebut lebih banyak di nikmati oleh pihak pengumpul ketimbang Petani.
"Yang jelas maksud diskusi ini adalah bagaimana kedepannya hal ini dapat terwujud karena mengenai sarana dan prasarana
di Landak juga sudah di bangun ada beberapa pabrik seperti crumb rubber di Ngabang dan pabrik Karet di Mandor kemudian adalagi beberapa pabrik kelapa sawit baik yang sudah di bangun maupun yang akan yang akan di bangun termasuk yang sedang dalam tahap usulan seperti di Kuala Behe,Serimbu dan di Kecamatan Jelimpo ini semua adalah pembangunan Pabrik," tuturnya pada kegiatan Diskusi servey tentang pasokan jeruk dan karet di Aula Dinas Bunhut Selasa (23/11).

Kegiatan yang di hadiri oleh Dr.A. Husni Malian, Tenaga ahli KPDT (Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal) jakarta, Plt Kadis Bunhut Vinsensius,dan beberapa kabidnya Sekrteris Diskoprindag beserta bgian perdangan dan dari Bappeda.
Masih menurut Vinsensius, mengenai tanaman karet memang di Kabupaten Landak selain kelapa sawit,tanaman karet adalah merupakan tanaman primadona masyarakat hanya saja menurutnya yang menjadi kendala yang di hadapi oleh masyarakat di Kabupaten Landak saat ini adalah masalah pupuk, lataran selain harganya mahal,terbatas juga tidak memiliki harga subsidi.
“Yang sudah memiliki subsidi otukan hanya pupuk khusus untuk boding pertanian tanaman pangan saja tetapi intuk bidang perkebunan sampai saat ini belum ada, sehingga kita di landak minta dengan sangat kepada Bapak dari KPDT untuk bisa mengusulkan agar untuk perkebunan juga ada di landak karena ini sangat di butuhkan oleh masyarakat kita yang ada di Landak
,” pintanya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "KPDT Lakukan Diskusi tanaman Karet Dan Jeruk"


Powered by www.tvone.co.id