Tahun 2011 Landak Punya Pabrik Pupuk Organik

09.48 Diposkan oleh HERI IRAWAN

NGABANG - Upaya pemenuhan pupuk di Kabupaten Landak khususnya bagi para petani yang ada di daerah ini, sampai saat ini masih merupakan kendala yang sulit di atasi. Kalaupun ada jumlahnya juga masih terbatas dan ini membuat Pemda mencari berbagai upaya dan terobosan sehingga kesulitan tersebut dapat di atasi.
Kepada Kapuas post Kepala Bidang Perikanan dan peternakan Distan Kabupaten Landak Gusti Basrun, S.Pi mengatakan bahwa Distan Kabupaten Landak akan mendirikan sebuah pabrik untuk mengolah pupuk organik atau APO (Alat Pengolah Pupuk Organik ) yang mana mengenai lahan yang mana lahan untuk pembangunan pabrik tersebut juga sudah di persiapkan.
"Kita untuk tahun 2011 sudah memiliki satu buah pabrik untuk pengolahan pupuk organik yang kita bangun di daerah tungkul di kawasan pasar rakyat. dan ini akan di bangun menggunakan dana yang bersumber dari Anggaran APBN-P Tahun 2010. lahan sudah siap hanya menunggu pellaksanaan pembangunannya saja," tuturnya. Di katakannya dalam mengolah pupuk tersebut, akan di laksanakan oleh kelompok Yastama yang berasal dari masyarakat yang ada di tungkul ini sendiri. "semua proses ini akan di lakukan oleh kelompok Yastama, namun nantinya kelompok tersebut akan di beri pelatihan dan bimbingan bagaimana cara mengolah dan melakukan proses sampai dengan pecing kemasan pupuk tersebut," tuturnya.

Menurutnya adapun kapasitas kemampuan pabrik tersebut masih berkisar 700-800 Kg per jam yang menggunakan bahan baku yang berasal dari limbah yang ada di pasar rakyat sehingga tidak akan kehabisan stok bahan baku tidak akan kekurangan karena yang akan di proses berasal dari limbah pasar.
"Bahan baku pabrik ini kita ambil dari limbah pasar seperti sampah sayur-sayuran dan jenis sampaj yang dapat kita olah menjadi pupuk,"tuturnya.
Oleh karenanya hasil produksi tersebut akan langsung di pekcing dan akan langsung di pasarkan namun pemasaran itu juga akan langsung di lakukan oleh kelompok yang mengelola pabrik tersebut. Seraya menambahkan, di harapkan kehadiran pabrik tersebut kedepan akan dapat mengatasi serta mampu menyediakan kebutuhan pupuk bagi masyarakat yang aad di daerah Kabupaten Landak. Kalaupun masih terjadi kekurangan pupuk bagi petani tidak terlalu menjadi masalah.
"Keuntungannya adalah sampah yang selama ini kita anggap sebagai barang yang tidak berguna, tetapi dengan adanya pabrik ini apa yang di anggap tidak berguna ternyata akan dapat di dapat menjadi sesuatu yang sangat berguna dan memberikan menfaat bagi masyarakat. Oleh karena kita harapkan kedepannya apa yang sudah kita rancanakan ini kedepan akan memberikan dampak yang baik untuk menunjang keberhasilan di srktor pertanian dan perkebunan di daerah ini. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Tahun 2011 Landak Punya Pabrik Pupuk Organik"


Powered by www.tvone.co.id