Pusat Siapkan Rp. 10 Miliar Untuk Bangun Kios PKL

14.02 Diposkan oleh HERI IRAWAN

*Bupati: Pemerintah Tidak Anti PKL
NGABANG-Usaha Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak untuk menyulap rumah toko (ruko) yang ada di terminal bis Ngabang guna menampung para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang sekarang ini masih berjualan di pasar Ngabang, ternyata bukanlah isapan jempol belaka. Buktinya, Pemkab Landak berusaha menjolok dana dari Pemerintah Pusat untuk mewujudkan pembangunan tempat penampungan para PKL itu. Hasilnya, Pemkab Landak berhasil mendapatkan dana sebesar Rp. 10 Miliar yang didapat dari Pemerintah Pusat.

Bupati Landak Adrianus Asia Sidot pada sambutan resepsi malam tahun baru Imlek, Rabu (2/2) di halaman terminal bis Ngabang bertekad bahwa tahun ini juga Pemkab Landak akan membangun kios-kios bagi para PKL tersebut. “PKL juga harus berkerjasama dan ikut bertanggungjawab untuk menciptakan Kota Ngabang yang indah, aman dan nyaman,” pinta Bupati.
Menurut Bupati, Pemkab Landak sendiri sudah mendapat dana dari Pemerintah Pusat sebesar Rp. 10 Miliar untuk membangun kios-kios bagi para PKL tersebut. “Makanya saya berani ngomong sekarang. Sebab PKL juga merupakan pelaku ekonomi, PKL juga merupakan sumber kehidupan,” ujarnya, seraya menegaskan Pemerintah tidak anti PKL, tidak anti pedagang keliling dan tidak anti kepada mereka yang menjual daging babi atau sayur atau ikan. “Justru kita sangat memerlukan itu. Kita juga memberikan peluang yang sebesar-besarnya supaya para PKL ini bisa berdagang dengan aman ditempat yang layak. Itu tujuan cita-cita kita,” ucap balon Bupati Landak periode 2011-2016 ini.
Sementara itu, kepada wartawan yang menemuinya usai menghadiri acara resepsi malam tahun baru Imlek, Bupati mengatakan pembangunan kios-kios bagi para PKL tersebut akan dilakukan pada bulan Maret ini. “Kita mendapatkan dana Rp. 10 Milar itu dari Kementerian Perdagangan Pusat. Tapi dana Rp. 10 Miliar ini akan kita bagi lagi. Kemungkinan saja untuk pembangunan kios PKL di terminal bis Ngabang dianggarkan sekitar Rp. 3 miliar. Sebab kita juga akan membangun pasar rakyat di kawasan Gunung Sehaq,” jelasnya. Ia menambahkan, selain dana dari Pusat, Pemkab Landak juga akan menyediakan dana sharing. Namun belum diketahui berapa dana sharing yang akan dianggarkan itu.(wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pusat Siapkan Rp. 10 Miliar Untuk Bangun Kios PKL"


Powered by www.tvone.co.id