Kemajuan Landak Dinilai Lambat

09.20 Diposkan oleh HERI IRAWAN

NGABANG – Pengurus DPP Partai Demokrat (PD), Bambang Widianto menilai bahwa Kabupaten Landak mempunyai wilayah yang sangat strategis. Sebab dari segi demografis dan dialogisnya juga cukup kaya. Namun dari 14 Kabupaten/Kota yang ada di Kalbar, diakui bahwa progrees kemajuan Landak sangat lambat dibandingkan dengan Kabupaten/Kota yang lain. “Untuk itu kita perlu perubahan, kita perlu merubah pola pikir yang mengarah kepada perbaikan struktur ekonomi masyarakat. Kalau kita pertahankan kepemimpinan dengan model yang tetap sama, maka harapan ke arah perbaikan sangat mustahil bisa kita capai,” ujar Bambang, saat memberi kata sambutan pada pengukuhan tim relawan pro Syahdan-Bruno, Selasa (5/4) di Hotel Hanura Ngabang.

Sementara itu Ketua DPD Partai Golkar Kalbar, Morkes Efendi mengatakan Pemilu Umum Kepala Daerah (Pemilukada) merupakan cerminan dari penyelenggaraan demokrasi di Republik Indonesia ini. Masyarakat diberi kesempatan untuk memilih langsung pasangan calon pemimpinnya. “Jadi prinsip-prinsip demokrasi itu adalah kemerdekaan, kebersamaan dan keadilan. Itulah pokok pangkal daripada demokrasi itu sendiri,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Kalbar, Morkes Efendi.
Menurutnya, untuk saat ini kemerdekaan tersebut memang tidak boleh dikekang. “Memang sekarang kita sudah merdeka. Tapi kemerdekaan yang ada sekarang ini sering dikekang. Buat apa kita merdeka, tapi kita tidak berlakukan dengan adil, buat apa kita merdeka apabila kita tidak ada hak dan kewajiban sebagai seorang warga negera. Oleh karena itu prinsip-prinsip demokrasi haruslah ditegakan. Tidak ada lagi prinsip-prinsip yang harus diabaikan,” tegas Morkes. Ia menambahkan, untuk prinsip-prinsip yang tidak akan melakukan KKN merupakan prinsip-prinsip keadilan. Prinsip tidak KKN inipun harus ditegakan di republik ini. “Kalau kita tidak menegakan keadilan dan persamaan, untuk apa diadakan Pemilukada. Oleh karena itu kita sekarang diberi hak untuk memilih pemimpin,” tutur mantan Bupati Kabupaten Ketapang ini.
Morkes juga berpesan untuk tetap berhati-hati dan waspada terhadap perilaku politik yang tidak lazim dan menyimpang. Kemudian ia juga meminta untuk mengawasi jalannya Pemilukada Landak ini dengan jujur dan adil. “Prinsip-prinsip ini harus kita pegang. Kalau tidak, percuma kita berdemokrasi. Pelaksanaan Pemilukada Landak ini harus berjalan demokratis,” katanya.
Ia juga menilai bahwa Landak memang mempunyai potensi yang hebat, tanah yang subur dan punya areal pertambangan. “Setidak-tidaknya hal tersebut harus digarap dengan sebaik-baiknya untuk kemakmuran masyarakat Landak,” pungkasnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kemajuan Landak Dinilai Lambat"


Powered by www.tvone.co.id