Kinerja Pemkab Belum Sepenuhnya Berhasil

09.20 Diposkan oleh HERI IRAWAN
*Pemkab Akan Mantapkan Komunikasi
NGABANG – Bupati Kabupaten Landak Adrianus Asia Sidot menyadari bahwa laporan kinerja penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Landak sepanjang tahun 2010 lalu belum sepenuhnya berhasil sesuai target kinerja Pemerintah Daerah yang telah ditetapkan, baik pada tataran indikator makro maupun indikator kinerja sasaran. Namun kata Bupati, setidaknya terdapat dua asumsi pokok yang dirasakan masih kurang terlaksana dengan baik.

Menurut Bupati, kedua asumsi pokok tersebut yakni sinergisitas program dan kegiatan, serta penganggaran antar level yang belum efektif. “Bercermin pada situasi dan kondisi yang demikian, untuk mengantisipasi dan mengatasi persoalan tersebut, strategi yang telah kami lakukan adalah mengoptimalkan fungsi koordinasi, sehingga masing-masing SKPD, berbagai pihak terkait dan masyarakat luas dapat berperan aktif dalam proses perencanaan, pengawasan dan monitoring program dan kegiatan,” ujar Bupati ketika menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun 2010 dihadapan anggota DPRD Landak belum lama ini.
Selain itu kata Bupati, peran serta dunia usaha dan keswadayaan masyarakat dalam membangun daerah, relatif masih terkendala oleh regulasi yang kurang sejalan dengan kebutuhan masyarakat di daerah, walaupun upaya mengatasi kendala telah dilakukan Pemkab Landak. “Asumsi kedua yakni peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui kontribusi pembangunan ekonomi regional, belum ditopang oleh pertumbuhan minat investasi yang terpadu antara kebutuhan daerah, provinsi dan nasional,” katanya. Sehingga lanjut Bupati, pertumbuhan sektor riil belum secara signifikan melahirkan penambahan lapangan usaha dan penyerapan tenaga kerja baru yang sepadan dengan penambahan ankatan kerja baru. “Untuk itu kiranya momentum ini dapat kita manfaatkan sebagai upaya guna memberikan koreksi secara proporsional terhadap kinerja Pemerintah serta peningkatan berbagai upaya positif yang selama ini telah kita laksanakan,” ucap Bupati.
Berkaitan dengan hal tersebut, Bupati menyampaikan bahwa disamping melaksanakan kebijakan secara formal yang tertuang dalam APBD, Pemkab Landak juga telah mengeluarkan beberapa kebijaksanaan penting sebagai suatu obsesi dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan pelaksanaan pembangunan yang kondusif. “Kami masih tetap memegang komitmen awal yakni senantiasa memantapkan komunikasi dengan jajaran badan legislatif daerah dan anggota Muspida maupun dengan berbagai elemen masyarakat dari berbagai strata, terutama tokoh agama dan tokoh masyarakat. Hal ini juga sebagai wujud implementasi pembangunan partisipatif,” ungkap balon Bupati Landak periode 2011-2016 ini. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kinerja Pemkab Belum Sepenuhnya Berhasil"


Powered by www.tvone.co.id