Semangat Gotongroyong Sangat Langka

08.26 Diposkan oleh HERI IRAWAN
*Bulan Bakti Gotongroyong Dibuka
MENYUKE-Bupati Kabupaten Landak AdrianusAsia Sidot yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Landak, Ludis, pekan lalu membuka kegiatan bulan bakti gotongroyong bertempat di Desa Kayu Ara Kecamatan Menyuke. Hadir dalam pembukaan tersebut sejumlah Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Landak, Camat Menyuke, para Kades, para undangan dan masyarakat.
Dalam arahannya, Sekda mengatakan kegiatan gotongroyong ini merupakan suatu nilai yang sangat esensial dalam kehidupan bangsa Indonesia. Apalagi gotongroyong ini sudah sejak dulu dikenal oleh masyarakat. “Gotongroyong ini adalah kerja bakti. Artinya, kegiatan gotongroyong tersebut merupakan pekerjaan bersama, untuk kepentingan bersama dan milik bersama yang dikerjakan secara bergotongroyong atau kerja bakti. Gotongroyong ini dikerjakan tanpa pamrih,” ujar Ludis.

Namun demikian kata Ludis, di zaman sekarang ini semangat kegotongroyongan sudah sangat langka. Masyarakat tidak mau bergotongroyong kalau tidak dibayar, tidak diberi makan dan tidak diberi minum. “Tapi kalau dulu atau sejak nenek moyang kita, semangat bergotongroyong ini sangat kuat sekali. Hal ini tentu harus kita pertahankan, karena merupakan tradisi dari nilai-nilai yang ada di bangsa kita. Makanya kita harus membangkitkan kembali semangat gotongroyong tersebut,” ujarnya.
Bulan gotongroyong ini akan dilakukan selama sebulan. Pemkab Landak tentu akan memfasilitasi, mendorong dan memberi semangat kepada semua masyarakat untuk hidup secara bergotongroyong. “Sebab penduduk kita di Landak ini mungkin diatas 80 persen dari 334 ribu lebih manusia, pada umumnya tinggal di Desa dan Dusun. Jadi semangat bergotongroyong ini harus kita tingkatkan di Desa maupun Dusun, baik yang ada dipelosok Landak maupun Desa dan Dusun yang berada diibukota Kecamatan,” katanya.
Ludis menekankan kepada para Kepala Desa supaya senantiasa menghidupkan suasana bergotongroyong ditengah-tengah masyarakatnya. Beri pengertian kepada masyarakat bahwa nilai gotongroyong ini merupakan milik bersama. “Nah, Pemerintah melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menjadi kebutuhan dan keinginan masyarakat,” ucapnya. (wan/humas)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Semangat Gotongroyong Sangat Langka"


Powered by www.tvone.co.id